air minum vit 8

5 Manfaat Air pH tinggi Untuk Kesehatan

Kamu mungkin pernah beberapa kali mendengar info mengenai air pH tinggi yang diklaim lebih bagus untuk kesehatan. Katanya, air alkali memiliki kadar pH di atas 7 alias lebih tinggi daripada air minum biasa. Semakin tinggi tingkat pH air minum, akan dianggap semakin baik.

Sumber alami dari air pH tinggi alami adalah sumber mata air yang melewati batu-batuan dan menyerap mineral sehingga pH nya menjadi meningkat. Air alkali juga dapat dibuat dengan cara diolah melalui mesin ionizer sehingga pH air biasa dapat meningkat dan menjadi air alkali.

Power of hydrogen atau disingkat pH adalah ukuran untuk menilai tingkat keasaman atau kebasaan suatu cairan. Skalanya dari angka 1 hingga 14. Air minum biasa memiliki kandungan pH sebesar 7, yang dianggap netral karena tidak memiliki kualitas asam ataupun basa. Jika kadar pH di bawah 7, air ini disebut asam. Sementara air dengan pH di atas 7 berarti basa atau alkali. Sebagai gambaran, cuka memiliki tingkat pH sekitar 2 karena sangat asam. Sedangkan kadar pH air laut rata-rata 8. (1)

Salah satu peran penting pH adalah dapat mempengaruhi unsur-unsur yang ada dalam air minum. Contohnya, logam berat yang terdapat pada air dengan pH rendah cenderung lebih beracun bagi tubuh. Sedangkan pH yang tinggi akan membantu dalam menurunkan konsentrasi logam berat ini.

Meski demikian, pH air minum yang terlalu tinggi pun dapat merusak pipa dan alat penyalur air.
Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa besaran pH untuk air minum yang layak dikonsumsi adalah antara 6,5 dan 8,5. (1)

Lalu sebenarnya apa aja sih manfaat yang dimiliki air alkali ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

1. Meningkatkan tingkat energi

Dalam review kesehatan Newsmax, rekan penulis pH Miracle, Robert O. Young mengungkapkan bahwa terlalu banyak asam dalam tubuh dapat mengakibatkan hilangnya energi, peningkatan kelelahan dan kantuk. Seperti diketahui bahwa air alkali adalah sumber luar biasa untuk membalikkan tingkat asam dalam tubuh, air juga dapat memulihkan tingkat energi yang ditarik. (2)

2. Menghidrasi ekstra daripada air lainnya

Berdasarkan Journal of International Society of Sports Nutrition, air alkali memiliki efek hidrasi yang meningkat melalui kekentalan darah dibandingkan air biasa. Viskositas darah adalah tingkat hidrasi yang diukur. Ketika kamu memiliki viskositas darah rendah, tingkat hidrasi kamu harus lebih tinggi. Dalam studi kasus ini, peserta diberi air minum setelah berolahraga, setengah air alkali, setengah air murni biasa. Mereka yang mengkonsumsi air alkali, viskositasnya berkurang menjadi sekitar 6,30% dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi air biasa dengan penurunan rata-rata 3,36%. (2)

3. Meredakan asam lambung

Penyakit refluks asam adalah ketika isi lambung, yang bersifat asam, memercik kembali ke pipa makanan.

Refluks asam yang terus terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan dan penyakit yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal atau GERD.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology menemukan bahwa minum air alkali mungkin layak dipelajari lebih lanjut sebagai suplemen untuk perawatan lain untuk penyakit refluks.

Ditemukan bahwa air alkali pada pH 8,8 menghentikan enzim yang terkait dengan penyakit refluks. Ternyata juga bisa mengurangi keasaman isi lambung.

Pekerjaan itu dilakukan di laboratorium daripada di manusia. Penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk mendukung temuan ini.

Selain itu, asam lambung ada untuk suatu tujuan. Ini membunuh bakteri dan patogen lainnya, dan membantu tubuh kita mencerna makanan dan menyerap nutrisi. (3)

4. Tekanan darah dan diabetes

Para ilmuwan di Shanghai menemukan bahwa 3 sampai 6 bulan setelah minum air alkali, orang dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan lipid darah tinggi memiliki ukuran yang lebih rendah di masing-masing faktor ini.

Pada tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa air elektrolit dengan pH tinggi mengurangi kekentalan darah pada 100 orang dewasa, setelah berolahraga. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan kardiovaskular karena dehidrasi.

Namun, para ilmuwan menunjukkan bahwa peserta memiliki ukuran viskositas darah utuh yang berbeda pada awalnya, yang dapat mempengaruhi hasil. (3)

5. Kesehatan tulang

Beberapa penelitian telah dilakukan tentang efek asupan basa pada tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Bone menemukan efek pada resorpsi tulang. Resorpsi tulang adalah proses di mana sel-sel tulang tua dipecah dan diganti dengan yang baru.

Lebih sedikit resorpsi tulang dan lebih banyak kepadatan mineral menghasilkan kekuatan tulang yang lebih baik.

Para penulis menyimpulkan bahwa “air mineral alkali yang kaya bikarbonat dan kalsium menurunkan resorpsi tulang lebih dari air mineral asam yang kaya kalsium.”

Namun para peneliti menyerukan penelitian lebih lanjut, untuk melihat apakah manfaat dari resorpsi tulang yang lebih sedikit adalah jangka panjang dan dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. (3)

Itu tadi berbagai manfaat yang bisa kamu dapetin dari minum air yang berasal dari air alkali. Untuk asupan air alkali terbaik, pastikan kamu konsumsi VIT 8+, air minum dengan kandungan alkali berkualitas, ph tinggi, dan pastinya memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk kamu.

Pilih VIT 8+, produk terbaru dari VIT yang memperkuat komitmen dalam menghadirkan air berkualitas tinggi kepada masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT yang kualitasnya terpercaya, dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut diakhiri dengan ionisasi khusus yang menghilangkan ion asam dari air melalui elektrolisis.

Dengan VIT 8+, kamu bisa mendapatkan air pH tinggi dengan harga terjangkau. Minum VIT 8+ sebanyak dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari, untuk seimbangkan harimu. Di pagi hari tubuh membutuhkan asupan cairan untuk menyegarkan diri sebelum beraktivitas. Sedangkan malam hari adalah waktu yang tepat untuk rehidrasi setelah semua cairan yang keluar karena rutinitas yang dijalankan.

Yuk mulai hidup sehat dengan jaga kesehatan dan minum VIT!

Source:
1. https://www.sehatq.com/artikel/berapa-kadar-ph-air-minum-yang-bagus-bagi-tubuh
2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313681#benefits
3. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/alkaline-water-benefits-risks#benefits

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *